PERSAINGAN KERJA DI ERA INDUSTRI 5.0

Sebagai lulusan baru, mengandalkan gelar sarjana yang dimiliki untuk bersaing di dunia kerja tidak lah cukup. Dibutuhkan kemampuan diri lainnya untuk menarik perhatian perusahaan dan membantu Anda bertahan di tengah persaingan menuju kesuksesan.

Mencari kerja memang bukan perkara mudah. Apalagi, World Economic Forum memprediksi, akan ada 75 juta pekerjaan yang hilang dan digantikan teknologi pada 2022 mendatang. Artinya, Anda tak hanya bersaing dengan sesama sumber daya manusia, tapi juga dengan teknologi yang semakin berkembang.

CEO Creativepreneur, Putri Tanjung mengatakan bahwa sebagai pihak yang akan mengambil alih roda perekonomian Indonesia, generasi muda membutuhkan kemampuan diri yang mumpuni untuk bertahan dengan persaingan global.

"Kalau sumber daya manusia enggak kuat dan begitu-begitu saja, kita akan hilang. Kita enggak akan bisa bersaing dengan teknologi dan robot," tutur Putri yang ditemui di acara peluncuran kolaborasi Duta Bangsa dan ESQ, Rabu (18/12).

Putri berbagi beberapa hal yang perlu diperhatikan generasi milenial agar dapat bersaing dan meraih kesuksesan di era global ini. Berikut di antaranya.

1. Mengembangkan kreativitas
Kreativitas membantu Anda melihat suatu masalah dari berbagai sudut pandang. Hal ini tentunya akan membantu Anda dalam memecahkan masalah yang ditemui di tempat kerja. Menjadi kreatif juga akan memudahkan Anda untuk menghadapi ketidakpastian dengan lebih baik.

Putri mengatakan, kreativitas juga bisa menjadi aset untuk melihat peluang dengan lebih baik. "Kita bisa stay curious dan mau untuk belajar lebih, itu karena kreativitas," tambahnya.

2. Terus berinovasi
Kemampuan untuk berinovasi membantu Anda memecahkan masalah di tempat kerja. Tak perlu repot menciptakan program atau perangkat baru. Mulai lah dengan langkah kecil seperti menemukan cara atau metode baru yang memudahkan Anda menyelesaikan pekerjaan.

3. Lakukan kolaborasi
Jika Anda berpikir bahwa persaingan di dunia kerja harus membuat Anda selalu berkompetisi dengan rekan kerja, maka Anda harus merubah hal tersebut. Berkolaborasi dan bergabung dalam sebuah tim akan membuat Anda bekerja dengan lebih cepat dan efektif dibandingkan dengan bekerja sendiri.

"Jika kita mau buat dampak yang lebih besar, kita harus berkolaborasi. Jangan sampai kompetisi yang semakin luar biasa ini malah jadi penghalang. Justru, jadikan ini sebagai kesempatan untuk kolaborasi," jelas Putri.

4. Terapkan pola pikir "agile mindset"
Kini, semua dituntut untuk dilakukan dengan cepat. Untuk itu, Anda perlu menerapkan 'agile mindset' atau serangkaian sikap dan pola pikir tangkas dan mendukung lingkungan kerja yang gesit. Pola pikir ini mendorong seseorang untuk tangkas, mau terus belajar, dan mudah beradaptasi dengan perubahan.

"Kita harus bisa jadi orang yang mudah adaptasi, harus bisa terus mengikuti perkembangan zaman. Dan yang terpenting adalah kita harus jadi catalyst of change, jangan jadi orang yang enggak mau berubah" kata Putri.

Tempat yang bisa mengembangkan bakatmu hanya ada di POLINDO INTERNASIONAL. Jaminan kerja sebelum wisuda. Siap menghadapi persaingan kerja yang semakin ketat. atau kunjungi www.politeknikindonesia.com

Komentar